.:: RS UMMI Bogor ::. Mari Bijak Gunakan Antibiotik
Info Kesehatan
Mari Bijak Gunakan Antibiotik

Obat antibiotik adalah obat yang berefek menghambat pertumbuhan bakteri (bakteriostatik) hingga langsung membunuh bakteri (baktersid) sehingga dapat mencegah dan mengobati penyakit akibat infeksi bakteri.

Obat jenis ini diresepkan oleh dokter untuk pasien yang terserang penyakit akibat bakteri, sesuai dengan dosisnya. Biasanya dokter atau apoteker akan menegaskan kepada pasien untuk minum obat antibiotik sampai habis agar bakteri tuntas tidak dapat menginfeksi kembali.

Kita perlu menggarisbawahi bahwa obat antibiotik memiliki efek spesifik untuk bakteri tertentu. Salah jika beranggapan obat antibiotik adalah obat segala penyakit. Oleh karenanya obat antibiotik hanya diminum jika sudah diresepkan oleh dokter, dengan dosis dan aturan yang sudah diperhitungkan. “Menggunakan antibiotik tanpa indikasi justru akan membunuh bakteri normal yang ada di tubuh kita dan malah membuat tubuh kita lebih rentan terjangkit penyakit yang disebabkan oleh bakteri pathogen,” jelas dr. Zaky Faris M, Komite Pengendalian Resistensi Mikroba RS UMMI.

Penggunaan antibiotik yang salah, seperti berhenti sebelum habis dan minum dengan dosis (jumlah dan waktu) yang tidak teratur dapat mengakibatkan bakteri tahan terhadap antibiotik dan obat tidak ampuh lagi bekerja terhadap bakteri tersebut.

Resistensi antibiotik akan membuat penyakit lebih sulit diobati. Pasien akan membutuhkan waktu rawat lebih lama, bahkan berisiko kematian yang lebih besar. Mewaspadai efek resistensi bakteri akibat penggunaan obat antibiotik yang salah, masyarakat perlu sadar dan cerdas menggunakan antibiotik.

Jangan pernah membeli obat antibiotik tanpa resep dokter, termasuk membeli dengan resep lalu karena benganggapan terserang penyakit yang sama. Minum obat secara teratur baik jumlah maupun waktunya. "Jika tertulis diminum 3 kali sehari, maka obat diminum setiap 8 jam (24 jam sehari dibagi 3 waktu). Dan antibiotik harus dihabiskan," tambah Dessie M.D, S.Farm, Apt., apoteker RS UMMI. Hal ini memastikan efek obat bekerja dengan baik dalam mencegah pertumbuhan bakteri atau membunuh bakteri. Pasien tidak perlu ragu bertanya kepada dokter atau petugas farmasi jika ada yang belum jelas tentang cara minum obat antibiotik. (das)


Layanan
Dokter
Segera Ke RS
Copyright © 2019. RS UMMI Bogor | Online: 4 | Hits: 519 / 121353